Menilik Ragam Kelebihan dan Kekurangan vivo Y20 2021

Menilik Ragam Kelebihan dan Kekurangan vivo Y20 2021

Ada tiga ponsel vivo Y20 series yang menghiasi kalender 2020. Yakni vivo Y20, vivo Y20s, dan vivo Y20s G. Ketiga ponsel mengisi rentang harga Rp2-3 jutaan. Perjuangan ketiga ponsel dalam memanaskan pasar kelas entri diteruskan oleh vivo Y20 2021.

vivo Y20 2021 telah dijual di Malaysia dengan harga 599 ringgit atau setara Rp2,094 juta. Karena itu, ponsel ini adalah penerus sejati dari vivo Y20. Buat Anda yang penasaran dengan vivo Y20 2021, Carisinyal telah menyiapkan daftar kelebihan dan kekurangannya.

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan ini dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan untuk memberi penilaian terhadap vivo Y20 2021. Sebelum masuk ke pemaparan, simak terlebih dahulu spesifikasi singkat dari si ponsel sebagai berikut:

Spesifikasi vivo Y20 2021

  • Layar: IPS LCD, 6,51 inci, HD+ (720 x 1600 piksel)
  • Chipset: MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Kelebihan vivo Y20 2021

Kami mencatat vivo Y20 2021 punya enam poin kelebihan ditinjau dari berbagai aspek. Beberapa poin di antaranya mungkin saja tidak terlalu wah, tetapi patut diapresiasi kehadirannya untuk rentang harganya. Simak penjabarannya seperti berikut

1. Desain Eye Catching

Penampilan vivo Y20 2021 memang oke punya. Bagian depan ponsel ini memakai kaca lengkung 2,5 D yang membuat nyaman saat digenggam. Sedangkan bagian belakang vivo Y20 2021 dibikin dari plastik yang dipoles seperti kaca.

Tidak ada motif neko-neko selain tulisan vivo yang ada di pojok kanan bawah. Hal ini membuatnya cukup elegan. Yang menarik, penutup belakang ponsel ini bisa memancarkan garis-garis cahaya ke segala arah, dimulai dari modulnya. Pancaran cahaya ini bisa berubah-ubah tergantung dari sudut mana Anda melihat.

Ukuran vivo Y20 2021 tidak besar-besar amat dengan dimensi 164,4 x 76,3 x 8,4 mm dan bobot 192 g. Pemakaian satu dengan tangan masih bisa. Adapun warna yang disediakan buat ponsel ini adalah Nebula Blue dan Dawn White.

2. Triple Slot

Konfigurasi memori vivo Y20 2021 bisa dibilang cukup buat standar zaman sekarang, yakni penyimpanan 64 GB yang didampingi RAM 4 GB. Storage 64 GB akan bisa menampung beberapa aplikasi sosial media, gim, dompet digital, dan lain sebagainya. Puluhan ribu foto jepretan sendiri pun bisa ditampung.

Namun, jika kapasitas 64 GB masih kurang, pengguna masih bisa menambah kapasitas simpan memakai microSD (sampai 256 GB). Untungnya, slot microSD yang disertakan tidak harus bergantian dengan kartu SIM. Benar, vivo menyertakan triple slot: 2 kartu nanoSIM + 1 kartu microSD.

Jangan lupa selalu gunakan microSD minimal class 10 agar proses baca file tidak berlangsung lama. Selain itu, Anda juga bisa melimpahkan sebagian file ke flash disk dan bisa diakses kapan pun. vivo Y20 2021 bisa terhubung ke flash disk karena mendukung teknologi On-The-Go

3. Wi-Fi 5 GHz

Masalah utama yang bikin Anda suka kesal saat main gim online adalah koneksi yang lambat. Koneksi lambat menciptakan jeda antara perintah yang Anda beri dan respons gerakan karakter. Imbasnya, Anda kalah cepat dan terpaksa menyerah dalam pertandingan.

Koneksi yang lambat dan tidak stabil lebih sering terjadi dalam jaringan Wi-Fi dengan pita frekuensi 2,4 GHz, baik itu Wi-Fi a, b, g, atau n. Masalah kecepatan dan ketidakstabilan dapat diatasi berkat hadirnya Wi-Fi generasi kelima alias Wi-Fi ac.

Wi-Fi ac yang berjalan di frekuensi 5 GHz menawarkan latensi yang lebih rendah. Koneksi pun jadi stabil dan transfer data lebih cepat. Untungnya, vivo Y20 2021 bisa menangkap sinyal Wi-Fi 5 GHz. Bukankah ini hal yang menarik buat ponsel dengan harga Rp2 jutaan?

4. Baterai Besar

Produsen smartphone masa kini sadar bahwa masyarakat zaman sekarang makin senang berinteraksi dengan ponselnya. Apa pun aktivitasnya, ponsel jadi teman. Mulai dari mendengar musik, menonton film, main gim, hingga mencari spot-spot bagus untuk foto-foto.

Intensitas penggunaan yang meningkat tentu bakal memperpendek daya tahan baterai. Namun, itu tak terjadi karena kapasitas baterai yang disematkan ponsel-ponsel masa kini sudah besar. Seperti vivo Y20 2021 yang dibekali baterai litium polimer 5000 mAh.

Berbekal kapasitas tersebut, vivo Y20 2021 akan bisa menyala seharian hingga si pengguna terlelap dalam tidur. Selain kapasitasnya yang besar, baterai ponsel ini awet karena resolusi layar yang dipakai tidak terlalu tinggi, yakni HD+ saja.

5. Sensor Lengkap, Hiburan Merakyat

Ponsel kelas entri dirancang untuk memiliki keunggulan di bagian-bagian tertentu saja. Hal ini patut disadari karena produsen tentu ingin menekan ongkos produksi serendah mungkin demi harga jual yang terjangkau. Hanya saja, kebijakan ini menjadikan sebuah ponsel tidak menarik dalam hal tertentu.

Misalnya soal sensor yang tidak lengkap karena terpaksa ‘disunat’. Namun, vivo Y20 2021 ini tidak punya masalah soal sensor. Seluruh sensor esensial ada di sini, meliputi akselerometer, cahaya, proksimiti, kompas, hingga giroskop. Bahkan, sensor sidik jarinya pun ada dan dipasang di posisi paling nyaman menurut kami, yakni samping.

Tidak berhenti di masalah sensor, ponsel ini juga bisa menyajikan hiburan merakyat melalui Radio FM. Mendengar musik, dagelan, atau talkshow via Radio tentu saja gratis dan tak butuh koneksi internet. Cukup colokkan headset ke jek 3,5 mm dan cari stasiun yang paling asyik.

6. Fitur-fitur Keren

vivo turut memberi fitur-fitur keren walaupun Y20 2021 adalah ponsel murah. Fitur keren pertama adalah Eye protection mode. Fitur ini fungsinya untuk menurunkan cahaya biru – terutama pada level kecerahan rendah – untuk melindungi mata dari kelelahan.

Fitur kedua adalah Multi Turbo 3.0. Fitur bikinan vivo sendiri ini akan membantu pengguna mendapat performa terbaik ponsel ketika main gim. Di dalamnya ada Ultra Game Mode yang berguna untuk mengoptimalkan koneksi, kinerja GPU, CPU, dan RAM, dan mempercepat proses pendinginan.

Terakhir ada iManager yang fungsinya mirip CCleaner di komputer. Fitur ini bertugas membersihkan sampah-sampah yang ada di ponsel, memonitor penggunaan data, mencegah ponsel dari serangan malware, dan mengizinkan pengguna mengunci aplikasi tertentu agar tidak digunakan orang lain.

Kekurangan vivo Y20 2021

Mustahil sebuah ponsel hadir tanpa kekurangan. Kekurangan yang dimiliki sebetulnya bukanlah hal yang buruk. Namun, lebih tepatnya adalah catatan tertentu dari sebuah ponsel yang bisa Anda kompromikan atau tidak.

1. Belum USB C, Belum Fast Charging

Colokan USB yang dipasang di vivo Y20 2021 belum tipe C, masih microB atau lazim disebut microUSB. Colokan ini terlihat sedikit jadul untuk zaman sekarang. Mengingat sudah banyak ponsel kelas entri yang mengadopsi USB tipe C. microUSB tentu saja punya kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada USB C.

Selain itu, kalau sampai terbalik posisi mencolokkan kabelnya, port yang ada di bagian ponsel bisa rusak. Hal ini tidak terjadi buat USB C karena bisa dibolak-balik. Di sisi lain, microUSB sebetulnya sudah mendukung beberapa protokol pengisian cepat.

Hanya saja, vivo tidak memberikan hal itu buat Y20 2021. Daya maksimal yang dihantarkan untuk mengisi baterainya hanyalah 10 Watt. Maka dari itu, Anda perlu waktu paling cepat 3 jam untuk mengecas ponsel ini dari kosong sampai penuh memakai adaptor 5 Volt 2 Ampere.

2. Chipset Kurang Bertenaga

MediaTek Helio P35 yang mengotaki vivo Y20 2021 sudah cukup berumur jika melihat kapan peluncurannya. Benar saja, chipset delapan inti ini diperkenalkan pada kuartal pertama 2019. Umur sebetulnya tidak masalah jika performa yang diberikan bisa tetap mantap.

Namun, begitu banyaknya chipset kelas entri yang berdatangan membuat Helio P35 makin tertinggal. Hal itu karena chipsetchipset baru membawa teknologi yang lebih mutakhir. Untuk membuktikan asumsi ini, mari merujuk skor yang dihasilkan oleh aplikasi benchmark sintetis.

Mengutip nanoreview, skor Antutu 8 Helio P35 tercatat di angka 98.811. Melalui uji dengan aplikasi Geekbench 5, Chipset ini mencatat skor singlecore 170 dan multicore. 979. Skor-skor ini kalah dari raihan saudara kandung Helio P35 dengan usia lebih muda, misalnya Helio G35.

Helio G35 mampu meraih skor Antutu 8 109.551, serta skor singlecore 175 dan multicore 1002 pada aplikasi Geekbench 5. Helio G35 lebih bertenaga daripada Helio P35 kendati keduanya sama-sama dibikin dengan proses manufaktur 12 nm.

3. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Memasang lensa ultrawide bisa jadi dipandang lebih bijaksana daripada lensa makro atau lensa sensor kedalaman. Sebab, lensa ultrawide jelas akan lebih sering digunakan karena sifatnya yang fungsional. Memotret pemandangan alam dengan sudut yang lebih luas bisa dilakukan dengan lensa ultrawide.

Lensa ultrawide juga memungkinkan untuk memotret foto bersama teman atau keluarga dengan jumlah besar. Sayangnya, lensa ultrawide absen dalam barisan kamera belakang vivo Y20 2021.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y20 2021. Kami berkesimpulan bahwa ponsel ini memang tidak akan cocok buat semua orang. Namun, Anda yang mengutamakan desain dan daya tahan baterai yang oke, tidak salah untuk menjatuhkan pilihan ke ponsel satu ini.

Asalkan Anda bukan pemain gim berat, vivo Y20 2021 tetap bisa melayani dengan cukup lancar. Kolektor film dan anime pun akan senang karena ponsel ini punya slot microSD yang terpisah dari dua kartu SIM.

Namun, kalau Anda butuh ponsel dengan performa dan kamera di atas rata-rata, ada banyak pilihan di kelas harganya, seperti realme C15 Qualcomm Edition, Redmi 9T, dan Samsung Galaxy A12.