carisinyal web banner retina

Mengenal Cara Kerja Navigasi Head Unit Menggunakan Android Auto

Mobil modern umumnya memiliki sebuah perangkat yang sering disebut sebagai head unit. Head unit ini adalah sebuah perangkat multimedia yang bisa jadi teman hiburan atau bahkan jadi “pembantu” dalam menjalankan mobil. Posisi head unit biasa diterapkan di dashboard di sebelah kiri stir mobil.

Head unit sendiri ada dua, ada single DIN dan double DIN. DIN sendiri merupakan kependekan dari Deutsches Institut fur Normung. DIN ini bisa dibilang sebagai standar ukuran yang dipakai untuk membuat head unit yang berlaku secara internasional. Sehingga head unit bisa dipasang untuk tipe mobil apapun.

Head unit tipe single DIN merupakan tipe lama karena hanya mendukung pemutaran DVD. Beda dengan double DIN yang sudah mendukung layar sentuh dan lebih kekinian.

Mobil modern umumnya memiliki head unit double DIN. Namun, jika hanya memiliki single DIN, biasanya pabrikan akan merangkai agar mobil tersebut bisa dimodif untuk memakai double DIN.

 

Head Unit dan Mirroring Smartphone

Penggunaan head unit double DIN tentu lebih menarik. Apalagi karena head unit double DIN umumnya memiliki dukungan untuk terhubung dengan ponsel pintar.

Cara terhubungnya bisa memakai sistem mirroring seperti layaknya smartphone yang terhubung ke televisi. Anda yang terbiasa dengan sistem mirroring tentu terbiasa dengan hal ini.

Cara ini tergolong menarik karena head unit dapat menampilkan apa yang ditampilkan di layar ponsel pintar. Jadi, pengemudi mobil tidak perlu repot-repot membuka ponsel mereka ketika mengemudi. Apalagi penggunaan ponsel saat mengemudi tentu saja berbahaya.

Hadirnya head unit bisa memudahkan pengemudi untuk menikmati konten dan aplikasi di smartphone. Misalnya untuk penggunaan peta, mendengarkan musik, atau bahkan menonton Youtube.

Hanya saja cara mirroring ini ada kekurangannya. Salah satunya adalah karena mirroring membebani kerja ponsel pintar. Efeknya smartphone Anda akan terasa cepat panas.

Selain itu, karena sifatnya yang mirroring, Anda jadi tidak akan fokus karena bisa saja Anda membuka Youtube dan menonton video saat sedang mengemudi. Sesuatu yang sangat tidak dianjurkan.

 

Android Auto

Lain cerita jika Anda menggunakan Android Auto. Android Auto adalah sebuah aplikasi besutan Google yang berfungsi untuk mengintegrasikan ponsel dengan head unit di mobil. Tentu saja head unit di mobil yang sudah mendukung penggunaan Android Auto.

Mobil modern seperti Honda Civic atau tipe mobil lain misalnya sudah mendukung head unit Android Auto.

Android Auto ini berbeda dengan sistem mirroring. Sistem mirroring memungkinkan head unit untuk menampilkan keseluruhan yang ada di ponsel pintar.

Sementara Android Auto tidak bekerja demikian. Android Auto bekerja memakai teknologi yang disebut MirrorLink. Teknologi ini hanya mengintegrasikan head unit dengan smartphone.

Dengan cara MirrorLink, head unit hanya akan menampilkan navigasi menggunakan Google Maps, musik(seperti Spotify), internet, Radio, dan lainnya. Penggunaan teknologi ini tidak mengizinkan situs menonton video seperti Youtube untuk ditampilkan karena jelas berbahaya.


Penggunaan MirrorLink lebih bersahabat ke ponsel pintar. Karena yang bekerja adalah head unit dan ponsel pintar hanya mengintegrasikan saja.

Cara integrasinya juga cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan head unit Anda mendukung penggunaan Android Auto.
  • Silakan instal Android Auto di ponsel pintar Anda. Anda bisa mencarinya di Google Play Store atau di toko aplikasi lain yang menyediakan aplikasi Android Auto.
  • Hubungkan smartphone Anda dengan kabel ke head unit.
  • Buka opsi di head unit untuk terhubung dengan Android Auto. Biasanya di head unit ada opsi atau pilihan Android Auto.
  • Di smartphone, buka Android Auto dan beri izin untuk akses perangkatnya.
    Setelah itu, head unit akan menampilkan layanan Android Auto dengan berbagai pilihan. Ada Google Maps untuk navigasi, ada Spotify, ada pesan, bahkan Anda juga bisa melakukan panggilan telepon atau menerima telepon memakai Android Auto.
  • Android Auto juga menyediakan fitur Google Assistant melalui perintah suara. Fitur ini akan membuat Anda tidak perlu repot melakukan sentuhan di layar sehingga Anda bisa fokus mengemudi.

Android Auto ini merupakan yang khusus untuk perangkat Android. Jika ponsel Anda memakai sistem operasi iOS, aplikasi yang digunakan berbeda tetapi memiliki fitur yang tidak terlalu jauh dengan Android Auto.

 

Situs Informasi Otomotif

Jika mobil Anda masih memakai head unit tipe lama, Anda bisa membeli head unit yang mendukung Android Auto. Banyak kok yang menjual head unit yang memiliki dukungan terhadap Android Auto.

Jika tidak mau repot, dan Anda berencana membeli mobil baru, Anda bisa mencari mobil baru yang mendukung head unit Android Auto.

Tapi tentu saja membeli mobil baru tidak seperti membeli barang murah lainnya . Anda harus jeli ketika ingin membeli mobil baru. Ada banyak artikel yang bertebaran soal tips
membeli mobil baru.

Jika tidak mau repot dan Anda membutuhkan informasi soal dunia mobil, Anda bisa mengunjungi situs Autofun.co.id. Situs ini merupakan situs yang memudahkan Anda untuk mencari mobil impian. Seperti slogannya: Autofun, Cari Mobil Impianmu.
Situs ini yang menyajikan konten yang berhubungan dengan otomotif. Di Autofun, tersaji berbagai konten otomotif terkait pencarian, pembelian dan kepemilikan mobil.

Anda pun bisa dengan mudah mencari tipe mobil berdasarkan mereknya di situs ini. Ada banyak merek tersedia mulai dari Honda, Aston Martin, Audi, Mclaren, Nissan, Volkswagen, Wuling, Tesla dan merek-merek lainnya.

Yang menarik, situs Autofun memiliki desain tampilan layaknya aplikasi. Bahkan, diakses menggunakan browser di PC saja, tampilannya tetap native layaknya aplikasi mobile.

Demikianlah informasi soal head unit dan cara kerjanya yang terhubung dengan Android Auto. Semoga informasi ini membantu Anda yang memang butuh informasi terkait navigasi peta di mobil menggunakan head unit.

Informasi di artikel ini juga semoga membantu Anda yang memang mencari informasi terkait situs yang berkaitan dengan otomotif. Untuk yang terakhir ini, jangan lupakan jika ingin mencari informasi soal otomotif, bisa langsung mengunjungi situs Autofun.