carisinyal web banner retina

Inilah 3 Cara Download Subtitle YouTube yang Mudah Dilakukan

Subtitle merupakan file teks yang ditampilkan bersamaan dengan dialog atau keterangan dalam suatu video atau film. Subtitle biasanya berupa terjemahan untuk membuat penonton yang tidak mengerti bahasa video tersebut menjadi paham maksud video tersebut.

Selain itu, subtitle juga sangat membantu teman yang (maaf) tunarungu untuk dapat mengetahui apa yang terjadi dalam video walaupun dalam bahasa yang mereka pahami. Penggunaan subtitle bahasa Inggris dalam film berbahasa Inggris juga dapat menjadi media pembelajaran listening bahasa Inggris.

Salah satu situs berbagi video terbesar, yakni YouTube memiliki banyak konten dari kreator dari berbagai belahan dunia dengan bahasa yang berbeda-beda. Kehadiran subtitle dalam video-video di YouTube sudah menjadi kewajiban jika si kreator ingin membuat kontennya dapat dinikmati oleh lebih banyak orang. Paling tidak mereka menyediakan subtitle bahasa Inggris di setiap videonya.

Sejarah YouTube

YouTube merupakan situs berbagi video di mana semua orang dapat menonton konten-konten video di dalamnya walaupun tanpa akun. Sedangkan untuk dapat mengunggah video pada platform ini pengguna harus mendaftar akun terlebih dahulu.

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yang merupakan mantan karyawan PayPal. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di San Bruno, California ini telah menjadi anak perusahaan Google sejak November 2006.

Pada Mei 2005 YouTube menawarkan uji beta yang membuat pertumbuhan situsnya terus naik. Hanya dalam waktu 2 bulan sejak uji beta sudah ada lebih dari 65 ribu video diunggah setiap harinya dan YouTube menerima kunjungan video 100 juta per hari. Kini ada 30 juta pengguna yang aktif mengunjungi YouTube setiap harinya serta kunjungan video sekitar 5 milyar per hari.

YouTube menyediakan layanan berlangganan dengan nama YouTube Premium sejak 17 Mei 2018. Layanan ini memberikan fasilitas menonton konten YouTube tanpa iklan, akses YouTube Music Premium, konten original dari YouTube, pemutaran video offline serta kemampuan untuk memutar video di latar belakang smartphone, sehingga pengguna dapat tetap memutar video walaupun menutup layar aplikasi YouTube.

YouTube Premium menawarkan konten original atau biasa disebut YouTube Originals yang diproduksi oleh YouTube dengan kolaborasi bersama kreator atau tokoh terkenal. Mulai dari drama, mini series sampai dokumenter telah diproduksi oleh YouTube Originals.

Misalnya, salah satu dokumenter konser dari Ariana Grande dengan judul Ariana Grande: Dangerous Woman Diaries yang tayang pada 29 November 2018 memiliki 4 episode dengan durasi sekitar 27 sampai 37 menit setiap episodenya.

Selain tokoh yang sudah memiliki penggemar seperti musisi atau aktor, YouTube juga menggaet tokoh yang besar dari YouTube untuk dibuatkan konten dalam YouTube Originals. Salah satunya adalah series ragam acara PewDiePie yang berjudul Scare PewDiePie dengan total 10 episode yang masing-masing berdurasi antara 14 sampai 23 menit.

Tak hanya konten dengan bahasa Inggris, YouTube Originals juga memiliki konten dengan bahasa non Inggris seperti Run, BIGBANG Scout! yang merupakan ragam acara dari Big Bang, salah satu boy group dari Korea Selatan yang sangat terkenal.

Acara ini memiliki 7 episode dan semuanya memiliki subtitle dalam berbagai bahasa, di antaranya adalah Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Yunani, Bahasa Indonesia, Bahasa Italia, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Polandia, Bahasa Portugis, Bahasa Rumania, Bahasa Rusia, Bahasa Spanyol, Bahasa Swedia, Bahasa Thailand, Bahasa Turki dan Bahasa Vietnam.

Jika kreator mengizinkan, orang lain dapat berpartisipasi memasukkan subtitle dalam bahasa yang mereka inginkan. Nantinya kreator akan memberikan konfirmasi apakah subtitle yang telah diterima akan dimuat dalam video mereka oleh kreator dan akan ditampilkan dalam pilihan bahasa subtitle yang tersedia.

Biaya langganan bulanan YouTube Premium sebesar Rp 59.000. Selain itu juga ada paket Family seharga Rp 89.000 per bulan yang bisa digunakan oleh 5 orang sekaligus. Untuk para pelajar ada juga paket Student senilai Rp 34.990 per bulannya. Semua layanan akan mendapatkan 1 bulan gratis bagi para pengguna YouTube Premium baru.

Cara Download Subtitle Youtube

Jika kalian ingin mengunduh video YouTube yang memiliki subtitle, kali ini Carisinyal dapat membantumu. Di sini Carisinyal akan membagikan 3 cara untuk bisa mengunduh subtitle yang ada pada YouTube tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara-cara berikut bisa kalian lakukan baik lewat PC maupun mesin pencari smartphone kalian.

1. Download Lewat downsub.com

  • Langkah pertama adalah menyalin link video YouTube dengan subtitle yang ingin kalian unduh. Pergi ke youtube.com lalu salin link yang tertera pada searching bar. Link YouTube juga bisa kalian dapatkan dari link Share video.
  • Langkah selanjutnya adalah pergi ke situs downsub.com. Lalu paste link yang sudah kalian salin ke searching bar dalam halaman Downsub.
  • Klik Download untuk menampilkan daftar subtitle yang bisa kalian unduh dari video YouTube.

Download Lewat downsub

  • Pada halaman ini kalian bisa melihat semua bahasa subtitle yang tersedia pada video yang kalian masukkan linknya. Untuk mulai mengunduh file subtitle klik tombol SRT pada pilihan bahasa subtitle yang ingin kalian simpan.

Download Lewat downsub

2. Download Lewat savesubs.com

  • Pertama salin link YouTube yang ingin kalian download subtitlenya. Kalian bisa menyalin link dari searching bar jika membuka YouTube dari browser atau dari link Share video YouTube.
  • Pergi ke situs savesubs.com, kemudian paste link yang sudah kalian salin sebelumnya. Lalu klik Extract & Download untuk memuat link download subtitle video tersebut.

Download lewat savesubs

  • Halaman selanjutnya akan menampilkan bahasa subtitle yang tersedia pada video yang kalian tempel linknya. Untuk mengunduh klik tombol SRT pada bahasa yang kalian inginkan.

Download lewat savesubs

3. Download lewat DVDVideoSoft

  • Salin link video YouTube yang ingin kalian unduh subtitlenya. Link video YouTube bisa kalian dapatkan dari Share video link atau salin link yang ada pada searching bar jika kalian membuka YouTube lewat mesin pencari.
  • Pergi ke situs DVDVideoSoft. Kemudian paste link pada kolom Insert YouTube link here, lalu klik tombol Download.

Download lewat DVDVideoSoft

  • Pilih bahasa yang ingin diunduh dengan memilih pada bagian Language. Klik dropdown Language untuk memilih bahasa.

Download lewat DVDVideoSoft

  • Kemudian pilih Original timestamps (for each phrase) untuk membuat format file yang diunduh menjadi format subtitle.

Download lewat DVDVideoSoft

  • Langkah terakhir, klik tombol Download .srt untuk mengunduh file subtitle YouTube sesuai dengan bahasa yang sudah kalian pilih sebelumnya.

Download lewat DVDVideoSoft

Itulah 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengunduh subtitle dari YouTube. Kalian bisa memasukkan subtitle YouTube pada video yang kalian unduh lewat media player yang ada. Cukup drag file subtitle ke media player yang sedang memutar video yang ingin diberi subtitle.

Cara lain adalah dengan menamai file video dan subtitle menggunakan nama file yang sama, maka secara otomatis saat video diputar akan mengikutsertakan subtitle juga.

Apakah kalian sudah berhasil mengunduh subtitle dari video YouTube? Selamat menonton video secara offline lengkap dengan subtitlenya!