carisinyal web banner retina

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 9 Play Ini

Kalau soal HP murah, Infinix memang jagonya. Merk ini memang menjadi pioneer dalam menghadirkan smartphone budget namun juga menghadirkan value yang tinggi. Pada Juni 2020, merk asal Hong Kong ini telah merilis varian dari Infinix Hot 9. yakni Infinix Hot 9 Play. Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 9 Play.

Kalau dibandingkan dengan varian biasa, HP ini lebih difokuskan pada kapasitas baterai dan ukuran layar. Lantas apakah HP seharga Rp1.300.000,- ini layak diminati? Cari tahu jawabannya pada kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 9 Play berikut ini!

Spesifikasi Infinix Hot 9 Play

  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.82 inches
  • Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8300
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Infinix Hot 9 Play

Banyak yang cukup penasaran dengan Infinix Hot 9 Play. Pasalnya, berbagai spesifikasinya sungguh tidak wajar dimiliki oleh HP seharga 1 jutaan. Apa saja sih yang membuat Infinix Hot 9 Play ini begitu unggul? Berikut adalah beberapa kelebihannya.

1. Baterai Super Besar

baterai 6000 mah

Jika Anda memerhatikan kebanyakan HP yang beredar di pasaran, kapasitas baterai yang paling sering ditemukan adalah 4000 mAh. Sebagian ada pula yang sudah menghadirkan baterai 5000 mAh. Lantas bagaimana dengan kapasitas 6000 mAh? Cukup jarang. Inilah yang membuat Infinix Hot 9 Play sungguh istimewa, terlebih mengingat harganya yang memasuki segmen pasar entry-level.

Dilansir dari Techweez, ketahanan baterai ini sungguh luar biasa. Infinix Hot 9 Play dapat bertahan hingga 2 hari dalam sekali cas dengan waktu screen-on time selama 10 jam, dan masih menyisakan 26%. Ini adalah durasi yang sulit digoyahkan oleh HP-HP lain, bahkan dari segmen harga di atasnya.

2. Ukuran Layar Sangat Lega

infiniix hot 9 play layar

Infinix Hot 9 Play adalah HP yang memiliki layar yang besar. Anda yang suka menonton Netflix dan YouTube dijamin akan puas dengan HP ini. Layar yang dimilikinya memiliki ukuran 6,82 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1640 piksel. Besar sekali, bukan?

Layarnya menggunakan panel IPS LCD serta menghadirkan kerapatan piksel sebesar 263 ppi. Infinix Hot 9 Play masih mengusung desain waterdrop notch, berbeda dengan varian reguler yang sudah memiliki punch-hole. Meski begitu, layar ini sudah mengisi hampir seluruh ruang dari sisi ke sisi, sehingga memiliki rasio bodi ke layar sebesar 82,4%.

Di harga Rp1-jutaan, sungguh jarang ada HP yang memiliki layar selebar ini. Artinya jika Anda ingin memiliki HP dengan layar yang luar biasa besar namun budget terbatas, Infinix Hot 9 Play adalah pilihan yang tepat.

3. Hadir dengan Android 10 (Go Edition)

infinix hot 9 play android 10 go

Di saat kebanyakan HP lain menggunakan Android 10 biasa, Infinix Hot 9 Play dibekali dengan Android 10 Go Edition. Lantas apa yang membedakan kedua sistem operasi ini? Umumnya, Android 10 Go Edition hanya diberikan pada HP entry-level yang memiliki RAM di bawah 2 GB.

Kehadiran Go Edition ini diklaim mampu membuka aplikasi serta berpindah-pindah aplikasi 10% lebih cepat dari edisi biasa. Fitur-fitur serta UI-nya tidak jauh berbeda, hanya saja Anda akan ditawarkan berbagai pre-installed app yang merupakan varian Go-nya, seperti YouTube Go, Google Assistant Go, dan sebagainya.

Jangan khawatir, semua aplikasi yang tersedia pada Android biasa juga tersedia pada Go Edition, kok! Jadi walau Anda menggunakan “versi ringan” dari Android, Anda tetap mampu merasakan benefit yang sama.

4. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

triple slot infinix hot 9 play

Sungguh mengesalkan kalau Anda harus mencabut kartu SIM kedua setiap ingin menggunakan kartu microSD. Itulah mengapa beberapa produsen HP menghadirkan slot khusus pada produknya, tak terkecuali Infinix Hot 9 Play.

Infinix Hot 9 Play menghadirkan triple slot sehingga Anda bisa menyematkan dua kartu nano SIM Card dan menggunakan microSD di waktu yang bersamaan.

5. Kamera Unggul di Kelasnya

infinix hot 9 play dual camera

Melihat dari spesifikasi kameranya yang hanya menghadirkan dual camera, mungkin Anda berpikir hasil foto pada HP ini tidak terlalu bagus. Namun siapa sangka, untuk segmen harga murah, Infinix Hot 9 Play mampu menangkap jepretan dan bidikan dengan detil yang terjaga pada kondisi pencahayaan cukup.

Lensa kamera yang dihadirkan pada HP ini adalah lensa berkekuatan 13 MP (lebar) yang sudah memiliki fitur autofokus. Sedangkan untuk lensa keduanya, terdapat lensa QVGA yang merupakan sensor rendah cahaya. Walau tidak dihadirkan dengan lensa ultra lebar, Infinix Hot 9 Play tetap memiliki mode panorama. Tak ketinggalan, lensanya juga dibekali fitur Triple LED Flash dan mode HDR.

Di bagian depan, tersemat lensa selfie beresolusikan 8 MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang mampu merekam video pada resolusi 1080p dengan frame rate 30 FPS. Berikut adalah beberapa sampel foto yang diambil dari video Canggih Kali.

hasil tes kamera infinix hot 9 play outdoor

Infinix Hot 9 Play outdoor camera. * sumber: www.youtube.com

hasil tes kamera infinix hot 9 play

Infinix Hot 9 Play indoor camera. * sumber: www.youtube.com

infinix hot 9 play hasil kamera selfie outdoor

Infinix Hot 9 Play selfie camera outdoor. * sumber: www.youtube.com

6. Performa Chipset Cukup Oke

MediaTek-Helio-A22-Chipset-1024

Satu kegiatan yang tidak pernah luput dari kebiasaan muda-mudi adalah bermain game. Infinix Hot 9 Play sendiri adalah salah satu HP pilihan yang mampu dipakai bermain game tanpa membuat kantong jebol. Chipset yang dihadirkan pada HP ini adalah Helio A22 dengan fabrikasi 12 nm.

Chipset ini disertai dengan kartu pengolah grafis PowerVR GE8300 dan menghadirkan konfigurasi quad core yang terdiri dari ARM Cortex A53 berkecepatan 2.0 GHz.

Sebagai perbandingan, Helio A22 ini setara dengan Snapdragon 429. Berdasarkan informasi yang didapat dari PhoneArena, kecepatan dari Helio A22 lebih unggul 0,05 GHz ketimbang SD 429. Walau perbedaan ini hanya sedikit, performa Infinix Hot 9 Play diduga lebih kencang.

Pada sebuah video pengetesan PhoneBolee.com, terlihat bahwa Infinix Hot 9 Play mampu menjalankan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis Smooth serta setting-an frame rate Medium. Permainan berlangsung dengan grafis seadanya. Sesi permainan yang berlangsung cukup lancar namun agak patah-patah.

Untuk HP 1 jutaan yang bisa memainkan PUBG Mobile seperti ini, Infinix Hot 9 Play cukup menawarkan value yang layak dari segi performa.

7. Tampilan Desain Berkelas

desain bodi infinix hot 9 play

Beberapa merk HP sering menghadirkan desain bodi belakang yang stylish, contohnya seperti OPPO dan Infinix. Walau hanya seharga 1 jutaan, Infinix Hot 9 Play sungguh tidak terlihat seperti HP murahan.

Hal ini berkat desain bodi belakang yang dibuat berkelas dengan motif garis-garis sehingga terlihat seperti potongan berlian. Desain yang Infinix namakan sebagai Gem Cut Texture ini hadir dengan empat varian warna, yakni Midnight Black (hitam), Quetzal Cyan (biru kehijauan), Violet (ungu), dan Ocean Wave (biru).

Kekurangan Infinix Hot 9 Play

Seunggul apapun Infinix Hot 9 Play, HP ini tetap tidak bisa terpisah dari identitasnya sebagai HP entry-level. Sehingga, Anda pun tetap dapat menemukan beberapa kekurangan yang cukup umum dimiliki HP segmen pasar murah, yakni sebagai berikut.

1. Memori Internal dan RAM Kecil

infinix hot 9 play memori internal dan ram kecil

* sumber: medium.com

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang layak saat menggunakan HP, Anda membutuhkan RAM yang besar. Sayangnya Infinix Hot 9 Play ini hanya menyertakan RAM sebesar 2 GB serta memori internal berukuran 32 GB. Memori internalnya ini menggunakan teknologi eMMC 5.1.

Akhirnya Anda pun tidak dapat menginstal banyak aplikasi pada HP ini. Untung saja Infinix Hot 9 Play cukup tertolong oleh sistem operasi Android Go Edition dengan ekosistem yang sungguh ringan.

2. Absennya Fast Charging

Resiko dari baterai HP berukuran besar adalah durasi pengisiannya yang sangat lama. Biasanya hal ini bisa diatasi dengan kemampuan fast charging, namun Infinix Hot 9 Play yang merupakan HP harga murah tidak memiliki kemampuan ini.

Bisa dibayangkan baterai 6000 mAh dicas tanpa menggunakan fast charging. Techweez mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari nol hingga penuh adalah 3 setengah jam. Durasi ini tergolong sangat lama. Tapi Anda masih bisa menyiasatinya dengan mengecasnya semalaman agar HP terisi penuh saat bangun di pagi hari.

3. Tidak Ada Stabilizer pada Kamera

infiniix hot 9 play

Jika Anda seorang content creator yang ingin merekam video secara profesional, Infinix Hot 9 Play mungkin bukan pilihan yang cocok. Kamera pada HP ini tidak memiliki stabilizer seperti EIS (Electronic Image Stabilizer) ataupun OIS (Optical Image Stabilizer). Alhasil saat merekam, tangan Anda harus benar-benar still supaya hasil video tidak goyang.

Simpulan

Infinix Hot 9 Play cukup berani melakukan gebrakan baru dengan spesifikasi-spesifikasinya. Ada beberapa parameter yang sungguh dibuat melampaui batas (seperti kapasitas baterai dan layar), ada pula beberapa sektor yang cukup dibuat minimalis (ukuran RAM dan memori internal, serta durasi pengecasan baterai).

Sehingga, Infinix Hot 9 Play ini sungguh menyosor buyer persona yang spesifik. Bagi Anda yang sering berpergian keluar rumah dan tidak ingin sering-sering mengecas, atau hanya mencari ukuran layar besar untuk menonton Netflix, Infinix Hot 9 Play sungguh mampu menjadi teman yang sempurna.