Apa Arti Kata Typo, Ini Penjelasannya Secara Detail

Apa Arti Kata Typo, Ini Penjelasannya Secara Detail

Lushviz com – Saat sedang chating atau berkirim pesan, seringkali kita menemui kata atau istilah yang kadang asing dan jarang kita dengar, salah satunya adalah kata typo. Sehingga, banyak kemudian orang yang masih belum paham dengan istilah ini mencari informasi mengenai apa arti kata typo ini di internet.

Nah, topik inilah yang akan redaksi Lushviz com bahas pada kesempatan kali ini, mengingat masih banyaknya orang yang belum paham arti kata ini.

Termasuk mungkin salah satunya Anda, yang mampir di situs Lushviz com ini karena tengah mencari definisi atau pengertian dari kata Typo tersebut.

Apa Arti Kata Typo ?

Typo sendiri sebenarnya adalah sebuah akronim atau singkatan yang diadopsi dari bahasa inggris, yaitu typography error, atau kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya salah ketik.

Meski demikian, Typo sendiri sudah menjadi kata tunggal dimana jika kita mengetikan kata ini di laman Google Translate, maka arti yang keluar dalam bahasa Indonesia adalah salah ketik.

hasil terjemahan untuk kata typo di Google translate

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengetikan kalimat “kamu cantik sekali” dan terjadi kesalahan ketik menjadi “kamu cantok sekali” maka kata “cantok” tersebut di katakan sebagai kata yang typo.

Lantas, kenapa kesalahan ketik atau typo ini bisa terjadi? ada beberapa hal yang jadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa kita sering typo dalam mengetik sebuah pesan:

  1. Karena mengetik dengan tergesa-gesa atau cepat-cepat, sehingga beberapa tombol huruf yang ditekan kurang pas atau kurang teliti yang menyebabkan kata tersebut menjadi typo.
  2. Fitur auto-corect atau auto sugest dalam kondisi aktif. Meski sebenarnya fitur ini sangat membantu memperbaiki atau meralah kata yang diketik namun terkadang hasil kata yang muncul tidak sesuai dengan yang di harapkan.
  3. Perangkat yang digunakan sedang bermasalah. Biasanya terjadi pada ponsel yang masih menggunakan tombol qwerty dengan keyboard fisik.
  4. Aplikasi papan ketik atau keyboard yang digunakan terlalu kecil, sehingga untuk beberapa orang dengan permukaan jari yang lebar cenderung akan menyentuh bagian huruf lain yang tidak diinginkan.

Demikian informasi mengenai apa arti kata typo yang sering dilihat atau diucapkan pada saat berikirim pesan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang selama ini masih belum mengetahui arti dari istilah yang populer di internet tersebut.