5 Ponsel Nokia dengan NFC

5 Ponsel Nokia dengan NFC

Jakarta, Lushviz com – Fitur canggih di smartphone kekinian ditambah aplikasi brilian dan integrasi layanan digital, membuat aktivitas harian masyarakat semakin berjalan efisien. Salah satu fitur yang mendukung ekosistem digital tersebut adala Near Field Communications atau disingkat NFC.

Berkat kehadiran NFC, fungsi smartphone kini lebih luas lagi. Pengguna bisa top-up dan cek saldo e-money serta transfer data dari smartphone dengan fitur NFC. Selain itu, pengguna juga bisa menduplikasi fungsi kartu akses kantor, rumah atau apartemen. Ke depannya, fungsi NFC akan lebih banyak lagi.

Untuk itu, pada panduan belanja Selular.id kali ini, kami menghadirkan lima smartphone Nokia dengan fitur NFC. Berikut daftarnya:

  • Nokia 5.3
  • Nokia 3.1 Plus
  • Nokia 4.2
  • Nokia 5.1 Plus
  • Nokia 6.1 Plus

Nokia 5.3

Ponsel pertama Nokia yang masuk dalam daftar NFC adalah Nokia 5.3. Meluncur pertengahan tahun 2020, ponsel hadir di pasar Indonesia dengan quad camera, Qualcomm Snapdragon 665 dan umur baterai andalan 2 hari.

Ponsel tersedia dalam dua pilihan warna: Charcoal dan Cyan, dengan konfigurasi RAM 6GB dan penyimpanan 64GB, Nokia 5.3 dijual dengan harga ritel Rp2.999.000.

Fitur utama Nokia 5.3 adalah Quad camera dengan dukungan AI lengkap dengan fitur Night mode. Lensa wide-angle dan macro membantu pengguna mengambil gambar close-up, atau wide, dan scenic shot. Portrait mode yang dikombinasikan dengan efek bokeh terkini dan depth sensor, membuat subyek foto benar-benar berbeda di foto.

Dengan layar ukuran 6.55 inci, Anda akan betah berlama-lama streaming tayangan favorit dan memainkan game sepanjang hari. Ponsel dilengkapi OS Android 10 dan tombol khusus Google Assistant untuk akses yang lebih cepat.

Selain itu, Nokia 5.3 yang dapat bertahan 2 hari. Baterai 4000mAh battery dan fitur AI-assisted Adaptive Battery, membantu pengguna melakukan streaming berbagai tayangan dan bermain game tanpa mengkhawatirkan pengisian baterai.

Nokia 4.2

Perangkat besutan HMD Global selanjutnya yang juga dibekali fitur NFC adalah Nokia 4.2. Perangkat dilengkapi kamera ganda, face unlock, dan chipset Snapdragon 439.

Di Indonesia, Nokia 4.2 ditawarkan dalam satu varian warna (Hitam) dan satu konfigurasi memori (RAM 3GB & storage 32GB) dan dijual dengan harga Rp2.299.000 saat ini.

Nokia 4.2 punya tombol khusus untuk Google Assistant, sehingga membantu pengguna lebih cepat bernavigasi dengan smartphone.

Nokia 4.2 yang edar di Indonesia identik dengan versi global. Perangkat mengemas layar TFT berdiagonal 5,71 inci resolusi HD+ dengan rasio 19:9 yang dihiasi poni model waterdrop dengan desain 2.5D pada panel depan dan belakang.

Nokia 4.2 memiliki kamera ganda di bagian belakang: 13MP f/2.2 dengan sensor kedalaman 2MP, autofokus pendeteksi fase, dan lampu kilat LED. Kamera utama mendukung mode malam, yang menumpuk beberapa gambar untuk menghasilkan foto cahaya rendah yang lebih baik.

Lengkungan kecil di layar mewadahi kamera selfie 8MP, yang juga dapat digunakan untuk Face Unlock yang digerakkan oleh AI.

Nokia 4.2 sudah mendukung jaringan 4G, radio FM, NFC, dan Android One Pie Edition. Tidak lupa juga ada pemindai sidik jari di belakang, tepat di bawah kamera.

Nokia 3.1 Plus

Nokia 3.1 Plus
Nokia 3.1 Plus

Smartphone Nokia selanjutnya yang juga dibekali fitur NFC adalah Nokia 3.1 Plus. Dibanderol lebih murah, saat ini ponsel bisa didapatakan dengan harga Rp1.999.000.

Mendarat tahun lalu, Nokia 3.1 Plus ditenagai chipset MediaTek Helio P22 dengan prosesor Octa-core Cortex-A53 dan dipadu RAM 3GB storage 32GB.

Perangkat menampilkan layar 6.0 inci dengan rasio aspek 18:9 dan resolusi HD+ 720×1.440 piksel. HMD Global mengatakan ini adalah panel layar terbesar di antara smartphone Nokia.

Di bagian belakang Nokia 3.1 Plus dibekali kamera ganda 13MP f/2.0 dan tambahan 5MP untuk efek bokeh. Tidak ada notch, kamera selfie 8MP bertengger di bezel atas. Sedangkan panel fingerprint berada di permukaan belakang.

Untuk memperluas penyimpanan, Nokia 3.1 Plus dibekali tiga slot. Pengguna bisa menyematkan kartu microSD hingga 400GB. Perangkat disokong baterai besar, 3.500mAh yang menjanjikan masa pakai baterai 2 hari.

Nokia 5.1 Plus

Ponsel Nokia lainnya yang juga dibekali NFC adalah Nokia 5.1 Plus. Dijajakan dengan harga Rp1.999.000, ponsel membawa RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Nokia 5.1 Plus mengusung layar edge-to-edge 5,8 inci dengan resolusi HD+ dan rasio 19:9. Panel kaca melengkung 2,5D melapisi permukaan bagian depan dan belakang.

Untuk menyalurkan hobi fotografi, perusahaan membenamkan kamera combo di panel belakang. Kamera utama 13MP ditambah sensor kedalaman 5MP.

Kamera itu sudah dilengkapi dengan Assistance Intelligence Artifical (AI) dan fitur-fitur seperti Bokeh, Portrait Lighting, dan Penghapusan Kabut. Selain itu, juga ada kamera depan 8MP untuk selfie.

Tidak lupa, fitur ‘Bothie’ yang menjadi keunggulan smartphone Nokia juga hadir di handset terbaru. Pengguna bisa menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus untuk memotret, merekam video, sampai live streaming.

Nokia 5.1 Plus dilengkapi dengan prosesor Mediatek Helio P60 octa-core 1,8 GHz dipadu RAM 3GB dengan penyimpanan 32GB serta slot kartu MicroSD untuk ekspansi memori hingga 400GB.

Sama seperti perangkat-perangkat sebelumnya, Nokia 5.1 Plus juga mengadopsi Android One dengan Android Oreo. Daya tahannya ditanggung baterai kapasitas 3060mAh dengan port charge jenis USB Type-C. Juga tersedia konektor jack headphone 3,5mm, Face Unlock, dan sensor sidik jari.

Nokia 6.1 Plus

Smartphone Nokia terakhir yang masuk dalam daftar NFC adalah Nokia 6.1 Plus. Edar sejak dua tahun lalu, ponsel saat ini dibanderol Rp2.599.000 dalam tiga varian warna yakni Gloss Black, Gloss White dan Gloss Midnight Blue.

Nokia 6.1 Plus dibekali layar berukuran 5,8 inci dengan resolusi Full HD+ dan gamut warna 96%. Rasio layarnya 19:9. Layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass.

Soal foto dan video, gawai ini disematkan kamera ganda dengan resolusi masing-masing 16MP dan 5MP. Kamera selfienya, didukung resolusi 16MP.

Dapur pacunya diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 636. RAM 4GB, dipadukan storage 64GB serta SDCard hingga 400 GB disajikan di ponsel ini. Sumber tenaganya, ditunjang baterai berkapasitas 3.060mAh. Ponsel ini berjalan dengan Android 8.0 Oreo.