carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Situs Download Buku yang Gratis dan Legal

Bagi penikmat buku dalam bentuk digital atau e-book, pasti kalian tidak asing dengan kenyamanan yang di tawarkan oleh e-book, seperti kemudahan untuk membawa banyak buku dalam satu gadget, serta fungsi tambahan yang terdapat di e-book seperti search dan highlight.

Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan buku gratis dalam bentuk digital jauh lebih banyak dibandingkan dengan buku fisik. Situs-situs yang menyediakan layanan untuk download e-book gratis cukup banyak beredar di internet dan beberapa di antaranya dapat didownload secara legal.

Nah, kali ini Carisinyal sudah mengumpulkan 10 rekomendasi situs download buku gratis dan pastinya legal. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya.

1. Project Gutenberg

* sumber: www.gutenberg.org

Project Gutenberg merupakan salah satu perpustakaan digital tertua yang menawarkan e-book secara gratis. Situs download buku gratis yang dijalankan oleh para volunteers ini hingga sekarang sudah mengoleksi lebih dari 60.000 e-book yang dapat dibaca secara online maupun download dengan cuma-cuma tanpa harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu.

Koleksi buku-buku yang ditawarkan oleh situs ini kebanyakan berasal dari buku-buku klasik ternam,a seperti Alice’s Adventures in Wonderland, The Adventures of Sherlock Holmes, hingga Pride and Prejudice. Jadi, jika kalian sedang mencari buku-buku klasik dan ingin menelusuri seluruh koleksi buku mereka, kalian dapat langsung mengunjungi situs Project Gutenberg.

2. Get Free eBooks

Get Free eBooks

* sumber: www.getfreeebooks.com

Get Free eBooks merupakan salah satu pilihan situs download buku gratis dan juga legal. Situs ini memiliki koleksi buku dari berbagai kategori, mulai dari fiksi dari berbagai genre seperti fantasi, romantis, thriller & suspense hingga buku non-fiksi yang meliputi buku marketing, kesehatan, religi, personal development dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan pengguna dalam memilih buku, mereka menyediakan artikel yang memuat rekomendasi buku dalam berbagai topik dan genre. Namun sayangnya, search bar dan pilihan kategori buku terdapat di bagian bawah halaman utama, sehingga pengunjung akan kebingungan saat pertama kali mengunjungi situs ini.

Untuk mengecek seluruh koleksi buku gratis yang tersedia dalam situs ini, kalian dapat langsung mengunjungi website Get Free eBooks.

3. Bookboon

Bookboon

* sumber: bookboon.com

Bagi para mahasiswa yang sedang mencari buku-buku teks untuk kuliah secara gratis, situs Bookboon bisa jadi solusi yang tepat untuk kalian. Situs ini menyediakan akses untuk lebih dari 1000 buku teks yang ditulis oleh profesor dari berbagai universitas prestisius di dunia.

Buku-buku teks yang masuk dalam koleksi Bookboon meliputi buku teknik, sains, ekonomi, marketing, komunikasi hingga buku-buku untuk bekal di jenjang profesional, seperti career management dan personal productivity. Untuk bisa mendapatkan akses untuk buku-buku tersebut, sebelumnya kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Situs ini tidak hanya sekedar menawarkan buku teks secara gratis, namun mereka juga menyajikan berbagai macam buku-buku bisnis serta online courses. Seluruh koleksi buku teks gratis tersebut bisa ditelusuri melalui laman Bookboon.

4. Kobo

Kobo

* sumber: www.kobo.com

Platform toko buku online yang dibawahi oleh Rakuten ini juga menyediakan laman khusus untuk mendownload buku secara cuma-cuma. Kategori buku-buku gratis di sini cukup banyak, mulai dari buku fiksi bergenre romansa, misteri, science fiction, buku non-fiksi hingga buku-buku klasik.

Untuk mendapatkan akses buku gratis di Kobo, pengunjung sebelumnya diharuskan melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Bagi yang tertarik untuk menelusuri koleksi buku-buku gratis yang ditawarkan oleh situs ini, kalian dapat mengunjungi laman Kobo ini.

5. Many Books

Many Books

* sumber: manybooks.net

Rekomendasi situs download buku gratis legal selanjutnya adalah Many Books. Hingga saat ini koleksi buku yang ditawarkan oleh Many Books sudah mencapai lebih dari 50.000 buku dari berbagai macam genre. Salah satu kelebihan dari situs ini adalah user-interface-nya yang dapat memudahkan para pengunjung untuk menelusuri koleksi-koleksi buku.

Bagi yang masih kebingungan dalam mencari buku yang diinginkan, Many Books juga menyediakan semacam panduan yang berisi rekomendasi buku dalam berbagai macam kategori buku. Seluruh buku tersebut dapat didownload secara gratis melalui situs Many Books. Pastikan sudah melakukan proses registrasi sebelumnya.

6. Freebooksy

Freebooksy

* sumber: www.freebooksy.com

Freebooksy merupakan situs yang menyediakan kompilasi buku-buku yang dapat didownload secara gratis dan legal dari beberapa platform. Salah satu kelebihan dari website ini adalah mereka memperbaharui koleksi buku gratisnya secara rutin, sehingga koleksi yang mereka sediakan selalu up-to-date.

Selain itu, website Freebooksy ini tergolong user-friendly. Pengunjung dapat dengan mudah menelusuri buku-buku dari berbagai genre termasuk buku-buku best-seller dan juga buku yang baru dirilis. Seluruh koleksi buku gratis tersebut dapat ditemukan di website milik Freebooksy.

7. FeedBooks

FeedBooks

* sumber: www.feedbooks.com

Rekomendasi situs download buku gratis selanjutnya datang dari FeedBooks. Situs ini merupakan e-book retailer yang juga menyediakan akses untuk download buku original dan public demand books secara gratis. Koleksi buku gratis yang tersedia di sini rata-rata berasal dari buku-buku klasik, seperti Romeo and Juliet, The Great Gatsby, Twelve Years a Slave dan lain-lain.

E-book yang dapat didownload melalui website ini hadir dalam format EPUB atau format yang sekarang banyak digunakan untuk e-book. Bagi yang penasaran, buku-buku gratis yang ada perpustakaan mereka dapat ditelusuri melalui laman FeedBooks ini.

8. Google Play

Google Play

* sumber: play.google.com

Selain menjadi tempat untuk mengunduh aplikasi secara gratis, Google Play juga menyediakan layanan untuk mendownload buku secara cuma-cuma. Kategori buku yang disediakan oleh Google Play juga tergolong lumayan luas mulai dari buku anak-anak, fiksi dan literasi, hingga buku bisnis marketing.

Keunggulan lain dari platform ini dibandingkan dengan rekomendasi sebelumnya adalah mereka menyediakan buku-buku berbahasa Indonesia. Koleksi buku-buku gratis tersebut bisa dilihat melalui website ataupun aplikasi Google Play yang ada di perangkat Android kalian.

9. Barnes and Noble

Barnes and Noble

* sumber: www.barnesandnoble.com

Toko buku online ternama Barnes and Noble juga menyediakan akses untuk e-book secara gratis. Koleksi buku-buku gratis yang disajikan oleh situs ini sangatlah luas. Buku-buku populer, klasik, anak-anak, komik digital, indie, bahkan hingga majalah tersedia di Barnes and Noble.

Untuk dapat mengakses buku gratis disini, kalian diharuskan untuk melakukan proses registrasi akun NOOK terlebih dahulu. Jika tertarik, kalian dapat langsung menelusuri website-nya di sini.

Selain itu, Barnes and Noble menyediakan aplikasi bernama NOOK yang dapat dinikmati untuk perangkat Android, iOS, dan juga Windows. Dengan aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah mengakses koleksi-koleksi buku gratis mereka.

10. Amazon Kindle Store

Amazon Kindle Store

* sumber: www.amazon.com

Beberapa koleksi buku yang terdapat di marketplace terbesar Amazon ini bisa juga kalian dapatkan secara gratis. Koleksi buku gratis yang bisa didownload di sini sudah mencapai ribuan buku dan beberapa koleksi diantaranya tersedia juga dalam bentuk buku audio.

Supaya memudahkan pengunjung untuk memilih buku gratis yang bagus, situs ini menyediakan filter berdasarkan rating dan juga review dari pengunjung serta pembeli. Sebelum men-download buku-buku tersebut kalian diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Koleksi buku-buku gratis ini bisa didapatkan melalui laman ini.

Untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses e-book, Amazon juga menyediakan aplikasi untuk membaca e-book yaitu Kindle. Aplikasi ini dapat dinikmati melalui perangkat Android, iOS, Windows dan Mac.

Sayangnya situs yang menyediakan layanan download buku lokal gratis dan legal tidaklah banyak. Namun, jika kalian membutuhkan akses untuk membaca e-book, Perpustakaan Nasional kita menyediakan layanan untuk meminjam atau membaca e-book serta e-Resources lainnya baik lokal maupun internasional. Jika tertarik, kalian dapat mendaftar keanggotaan terlebih dahulu melalui laman ini.

Nah itu dia 10 rekomendasi situs download buku gratis dan legal. Dengan mendownload di website tersebut kalian bisa mendapatkan e-book secara gratis sekaligus tetap mendukung karya-karya penulis favorit kalian.