carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara untuk Berbagai Perangkat

Baik untuk podcast, cover lagu, narasi, interview, musik atau rekaman suara lainnya, sangat penting untuk memastikan hasil akhir audio tersebut terdengar jernih serta jelas. Untuk mendapatkan kualitas audio yang baik, alat bantu seperti aplikasi edit audio sangat dibutuhkan.

Bagi yang sedang memilah aplikasi untuk edit suara dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan, Carisinyal sudah merangkum 10 aplikasi edit suara untuk berbagai perangkat, mulai dari yang memiliki fitur sederhana hingga fitur yang lebih maju. Berikut pembahasannya.

1. Audacity

* sumber: www.audacityteam.org

Audacity merupakan aplikasi edit suara gratis yang dapat digunakan untuk perangkat PC Windows, Mac OS dan Linux. Meskipun aplikasi ini gratis, ia sudah dilengkapi dengan set editing dan mastering tools yang biasanya terdapat di aplikasi edit audio premium.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendukung segala jenis format audio, menyediakan fitur untuk live streaming dan terdapat audio plugins yang dapat mendukung tools editing aplikasi ini. Tampilannya memang terlihat outdated, namun aplikasi ini tergolong user-friendly.

Built-in tools serta performa dari Audacity membuatnya menjadi salah satu opsi terbaik untuk aplikasi edit audio untuk PC gratis. Aplikasi ini dapat diunduh melalui situs resmi Audacity.

2. Ashampoo Music Studio

Ashampoo Music Studio | Aplikasi Edit Suara

* sumber: www.ashampoo.com

Bagi yang sedang mencari aplikasi edit audio yang cocok bagi pemula serta kompatibel dengan perangkat Windows, maka Ashampoo Music Studio dapat menjadi pilihan ideal. Aplikasi ini dilengkapi dengan preview waveform besar dan di bagian bawahnya terdapat tombol tools editing esensial seperti memotong, menyalin dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak dapat mendukung multi-track audio editor, sehingga lebih cocok untuk memodifikasi klip audio yang sederhana. Meskipun begitu aplikasi ini menawarkan fitur lebih dari sekedar audio editing dasar, seperti fitur untuk desain cover CD, mengkonversi berbagai format audio serta rip ataupun burn discs. Unduh aplikasi ini di sini.

3. Acoustica

Acoustica | Aplikasi Edit Suara

* sumber: acondigital.com

Rekomendasi aplikasi edit suara untuk PC selanjutnya datang dari pengembang Acon Digital, yaitu Acoustica. Versi terbarunya yaitu Acoustica 7 menawarkan tools yang cukup lengkap untuk mengedit, mastering serta restoration audio yang dapat digunakan untuk Windows dan Mac.

Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang dapat membuat proses editing menjadi lebih fleksibel, seperti automatic editing tools untuk fungsi-fungsi esensial seperti memotong, menyalin hingga silence removal. Lalu terdapat fungsi double klik yang digunakan untuk mengedit klip dalam multitrack secara otomatis.

Acoustica 7 terdiri dari dua versi, yaitu standard dan premium. Untuk edisi standard dikenakan biaya sebesar 59,9 dolar Amerika atau sekitar Rp 850.000-an. Sedangkan, Acoustica 7 versi premium ditawarkan dengan harga 199,90 dolar Amerika atau sekitar Rp 2,8 jutaan.

Selain itu, mereka juga menawarkan versi trial yang dapat digunakan selama 30 hari secara gratis. Untuk men-download versi trial, kalian dapat langsung mengunjungi situs milik Acon Digital.

4. Ocenaudio

Ocenaudio

* sumber: www.techradar.com

Ocenaudio bisa menjadi opsi bagi yang sedang mencari aplikasi edit suara PC gratis dengan user interface yang simpel. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat mengedit dan menganalisis file audio dengan cepat dan mudah. Selain itu, Ocenaudio juga dilengkapi dengan range audio filter yang luas, sehingga pengguna dapat mendengarkan preview dari efek tersebut secara langsung.

Dengan Ocenaudio kalian tetap dapat membuka, menyimpan ataupun mengaplikasikan efek sembari mengerjakan audio files yang lainnya. Jika tertarik, aplikasi yang dapat dipasang di perangkat Windows, Mac dan Linux ini dapat diunduh di laman resmi Ocenaudio.

5. Adobe Audition

Adobe Audition

* sumber: blogs.adobe.com

Adobe Audition merupakan salah satu aplikasi edit suara terbaik untuk profesional. Dengan Adobe Audition, pengguna dapat melakukan digital recording, mengolah, restore atau memperbaiki serta mixing klip audio.

Karena dilengkapi dengan fitur-fitur komprehensif yang didesain untuk kebutuhan professional, aplikasi ini dibanderol dengan harga yang lumayan, yaitu sekitar Rp 280an per bulan atau Rp 3,2 jutaan setiap tahunnya. Bagi yang ingin mencicipi aplikasi ini secara gratis, kalian dapat mengunduh versi trial-nya yang dapat dinikmati selama 7 hari. Cek di sini.

6. Hokusai Audio Editor

Hokusai Audio Editor

* sumber: apps.apple.com

Hokusai merupakan aplikasi edit suara khusus untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch. Aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi untuk merekam atau mengimport audio files dan membuat suaranya menjadi sesuai dengan keinginan.

Hokusai juga dilengkapi dengan berbagai macam filter dan juga efek spesial untuk audio. Hal menarik lainnya adalah ia dapat mendukung multitrack editing dan terdapat tools yang memudahkan pengguna untuk membagikan audio project-nya di sosial media atau cloud. Aplikasi edit audio ini didapatkan secara gratis melalui App Store.

7. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor

* sumber: play.google.com

Bagi yang sedang mencari aplikasi edit suara sederhana yang dapat digunakan untuk perangkat mobile, maka Lexis Audio Editor bisa menjadi salah satu opsi untuk kalian. Aplikasi ini dapat merekam sekaligus mengolah file audio dalam berbagai format audio.

Selain terdapat tools editing dasar seperti cut, copy, paste dan lain-lain, aplikasi ini juga dilengkapi dengan dengan beberapa efek seperti menormalkan suara, mengeliminasi suara yang tak diinginkan, reverb dan fade in serta out.

Jika fitur-fitur sederhana seperti inilah yang kalian butuhkan, Lexis Audio Editor dapat langsung diunduh secara gratis melalui Google Play ataupun App Store.

8. WaveEditor

WaveEditor

* sumber: play.google.com

Wave Editor bisa menjadi opsi bagi yang menginginkan aplikasi edit suara gratis untuk Android dengan fitur yang lebih baik dari pada aplikasi audio editing sederhana. Wave Editor memiliki tools untuk mixing dan mengedit multiple tracks. Wave Editor dilengkapi dengan in-editor audio recorder yang dapat membuat pengguna merekam suara sekaligus mengedit audio lainnya.

Lalu, Wave Editor juga dilengkapi dengan fungsi zooming yang dapat memudahkan pengguna untuk memotong atau menyalin klip secara akurat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendukung USB microphone. Bagi yang tertarik, Wave Editor bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di Google Play.

9. WavePad

WavePad

* sumber: play.google.com

Rekomendasi aplikasi edit suara selanjutnya datang dari pengembang NCH Software, yaitu WavePad. Aplikasi ini kompatibel untuk berbagai macam perangkat, mulai dari Windows, Mac hingga iOS dan Android. WavePad sudah dilengkapi dengan tools penting untuk audio editing, seperti auto-trim, cut, copy, paste dan sejenisnya.

WavePad juga dapat memudahkan pengguna untuk mengeliminasi latar belakang suara, fade in/out, menambah beberapa efek suara, equalize audio dan fitur-fitur lainnya yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan kualitas audio yang tinggi. Bagi yang tertarik memasang aplikasi edit suara WavePad, kalian dapat langsung mengunjungi laman resmi NCH.

10. Voice PRO

Voice PRO

* sumber: play.google.com

Voice PRO merupakan salah aplikasi edit dan recording audio dengan fitur lengkap untuk perangkat Android. Dengan aplikasi ini kalian dapat menambah suara latar belakang, mixing dan merging file audio. Lalu, terdapat juga fitur yang dapat mengeliminasi suara atau vokal yang tidak diinginkan, menambah efek audio, mengontrol tempo atau volume dan lain sebagainya.

Sayangnya, aplikasi Voice PRO tidak bisa digunakan secara gratis. Untuk menikmati aplikasi ini, kalian harus membelinya di Google Play dengan harga sekitar Rp 160.000-an. Jika ternyata aplikasi ini tidak sesuai dengan keinginan, Google Play sudah mengatur kebijakan untuk refund. Unduh di sini.

Itu dia ulasan 10 aplikasi edit suara untuk berbagai macam perangkat serta kebutuhan. Jadi, di antara kesepuluh aplikasi di atas, mana saja yang kira-kira akan menjadi pilihan kalian? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya!